Penulis Utama : Faizal Ardy Rahmawan
NIM / NIP : K4613052
×

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana pada peserta didik kelas II SD Negeri Karangasem 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, obseervasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Karangasem 2 Surakarta yang berjumlah 32 Peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.

Hasil analisis diperoleh peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus dari jumlah peserta didik 32 hanya 10 peserta didik yang tuntas dan 22 peserta  didik  tidak  tuntas atau  dengan  prosentase  31,25%  peserta  didik  tuntas dan
68,75% peserta didik tidak tuntas. Kemudian hasil belajar yang ditunjukan peserta didik pada siklus I menunjukan peningkatan yaitu 16 peserta didik atau sebesar 50% masuk dalam kategori tuntas dan sisanya 16 peserta didik atau 50% masuk kategori tidak tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar peserta  didik yaitu 87,5% atau 28% peserta didik masuk kategori tuntas dan sisanya 12,5% atau 4 peserta didik masuk dalam kategori tidak tuntas.

Simpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif pada peserta didik kelas II SDN Karangasem 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: gerak dasar manipulatif, meningkatkan hasil belajar, alat bantu pembelajaran sederhana

 

×
Penulis Utama : Faizal Ardy Rahmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613052
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Sederhana pada Siswa Kelas II SD N Karangasem 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K2313020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M.Pd
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.