Penulis Utama : Ines Kusnandari
NIM / NIP : K5113044
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak tunanetra kelas V di SLB A YKAB Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui senam irama pada pendidikan jasmani adaptif.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Research(SSR) dengan desain A-B-A dan teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dengan instrumen Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) subtes lokomotor. Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak tunanetra kelas V di SLB A YKAB Surakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan motorik kasar yang diperoleh subjek dari setiap fase pengukuran mengalami peningkatan. Hasil analisis dapat diperoleh skor rata-rata kemampuan motorik kasar masing-masing subjek yaitu pada fase baseline 1 (A1) subjek DW mendapatkan rata-rata skor 64,59, subjek GD mendapat 71,99. Pada fase intervensi (B) rata-rata masing-masing subjek mengalami peningkatan yaitu DW mendapat rata-rata skor 80,38 dan GD mendapat 87,45. Sedangkan pada fase baseline 2 (A2) rata-rata skor DW 91,44 dan 93,29 untuk GD. Adapun hasil analisis visual data yang diperoleh pada setiap fase pengukuran baik pada fase baseline 1 (A1), intervensi (B), dan fase baseline 2 (A2) pada kedua subjek memiliki tingkat kestabilan tinggi dan kecenderungan arah meningkat atau naik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa senam irama pada pendidikan jasmani adaptif berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak tunanetra kelas V di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata kunci: senam irama, motorik kasar, tunanetra
   

×
Penulis Utama : Ines Kusnandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113044
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Senam Irama pada Pendidikan Jasmani Adaptif terhadap Peningkatan Kemampuan Motoric Kasar Anak Tunanetra Kelas V di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K5113044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.
2. Sugini, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.