Penulis Utama : Rani Widyanti
NIM / NIP : K5113065
×

ABSTRAK

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII SLB E BINA PUTERA Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
    Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yang mana sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SLB E Bhina Putera Surakarta yang berjumlah 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis tes ranking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test).
    Bedasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui nilai Z hitung adalah ?-2,070?^b dengan Asymp. Sign (2-tailed) 0,038 pada taraf signifikan (?) 0,05 atau 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas VII SLB E Bhina Putera Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci : efektifitas, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT), prestasi belajar IPA

 

×
Penulis Utama : Rani Widyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113065
Tahun : 2017
Judul : Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Head Together (Nht) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Luar Biasa - K5113065-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A.,Ph.D.
2. Priyono, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.