Penulis Utama : Ria Dwi Utami
NIM / NIP : K2313060
×


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisikapada materi Fluida Dinamis siswa kelas XI MIA pada remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.
Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Postest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Pengujian instrumen tes dilakukan di SMA N 7 Surakarta menggunakan perhitungan Ms. Excel. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini dilihat dari peningkatan presentase siswa kelas XI MIA 2 yang mencapai KKM pada tes obyektif materi Fluida Dinamis sebelum diberi perlakuan sebanyak 16,2 %, kemudian setelah diberi perlakuan menjadi 91,8 %. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa |thitung|>ttabel (8,54 > 1,69). Berdasarkan hasil uji t, sesudah dilakukannya pembelajaran remediasi dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write hasilnya lebih baik dari pada sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan perhitungan dengan gain ternormalisasi diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 2 materi Fluida Dinamis sebesar 0,67 dengan kategori sedang
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kemampuan kognitif siswa setelah mengikuti remediasi pembelajaran menggunakan model Think Talk Write (TTW).Untuk penelitian selanjutnya disarankan lebih mempersiapkan waktu, tempat, dan media pembelajaran yang dibutuhkan siswa ketika proses pembelajaran TTW.
Kata Kunci : Remediasi,Think Talk Write (TTW), Kognitif

 

×
Penulis Utama : Ria Dwi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313060
Tahun : 2017
Judul : Remediasi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI Mia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Fisika - K2313060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
2. Drs. Pujayanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.