Penulis Utama : Yunita Prihatiningsih
NIM / NIP : K4313075
×

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi (2) mengetahui faktor penyebab dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi (3) mengetahui hubungan motivasi dan frekuensi komunikasi dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.
Metode penelitian terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama adalah metode kuantitatif dan tahap kedua adalah metode kualititatif. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian observasi kelas. Observasi dilakukan di dua kelas. Observasi masing-masing kelas dilakukan selama 5 kali observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 4 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Kelas MIA adalah kelas peminatan sains. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan secara convenience in nature. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket serta rekaman audio dan visual proses pembelajaran. Analisis data menggunakan matriks kategori VICS Flanders dan uji regresi linear berganda menggunakan SPSS 21.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dominasi komunikasi di kelas X MIA 1 dan X MIA 4 adalah 58,04%. Besarnya hasil prosentase menandakan bahwa komunikasi yang terjadi di dalam kelas berjalan dua arah. Faktor yang menyebabkan munculnya pola komunikasi dua arah di dalam kelas meliputi faktor psikososial,  proses  dan  fisik.  Faktor psikososial  meliputi  rasa malu,  memiliki karakter yang pendiam, dan tidak memiliki kedekatan dengan guru. Faktor proses berupa tidak mengertinya siswa dengan istilah-istilah dalam biologi yang menyebabkan kegagalan pemahaman konsep. Faktor fisik suara guru yang tidak terdengar dari arah belakang. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara motivasi dan frekuensi komunikasi siswa secara simultan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Kata kunci: dominasi komunikasi, komunikasi scientific, VICS flanders, motivasi siswa, faktor komunikasi

 

×
Penulis Utama : Yunita Prihatiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313075
Tahun : 2017
Judul : Analisis Dominasi Komunikasi Scientific pada Pembelajaran Biologi Serta Hubungan Motivasi dan Frekuensi Komunikasi dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Biologi - K4313075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si.,Ed.D.
2. Dr. Muzzazinah, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.