Penulis Utama : Zahroh Maelin
NIM / NIP : K4413074
×


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  dengan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya  adalah  siswa  kelas  XI  IPS  1  SMA  Negeri  2  Boyolali  yang berjumlah   29   siswa.   Sumber   data   berasal   dari   guru,   siswa   dan   proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data interaktif.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  guru  dapat  menerapkan pembelajaran  sejarah  dengan  model  pembelajaran  Problem  Based  Learning dengan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarah sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Penerapan model pembelajaran Problem Based  Learning  dengan  media film  dokumenter dapat  meningkatkan  aktivitas pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali. Hal ini terbukti dengan pencapaian indikator aktivitas pembelajaran yang semakin meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, pencapaian indikator aktivitas pembelajaran sebesar   60%, pada siklus I meningkat menjadi 69,02% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,59%. Pencapaian tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar  ?80%. Kemudian prestasi belajar sejarah juga meningkat, pada tahap prasiklus pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM 75)  sebesar 41,38%, pada siklus I meningkat menjadi 62,07% dan pada  siklus  II  meningkat  lagi  menjadi  86,21%.  Pencapaian  tersebut  telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yakni sebesar ?80%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  dengan media film dokumenter dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2
Boyolali tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci     : Problem Based Learning, film dokumenter, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Zahroh Maelin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413074
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Sejarah - K4413074-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio., M.Pd.
2. Isawati., S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.