Penulis Utama : Muhammad Setya Fachreza
NIM / NIP : G0015168
×

ABSTRAK

Muhammad Setya Fachreza. G0015168. 2018. Skripsi. Hubungan Jenis Tahapan Finishing Mebel Terhadap Timbulnya Dermatitis Kontak Akibat Kerja pada Pengrajin Mebel di Surakarta, Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang: Dermatitis kontak akibat kerja (DKAK) adalah kelainan pada kulit berupa peradangan yang dapat disebabkan oleh pekerjaan. Pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, DKAK mencapai 70-90% penyakit kulit yang disebabkan oleh pekerjaan atau occupational dermatoses dan merupakan 9-34% penyakit yang disebabkan atau berhubungan dengan pekerjaan. Penyakit ini merupakan salah satu permasalahan publik yang besar karena angka kejadiannya yang tinggi, seringkali kronis, dan memiliki efek yang signifikan terhadap ekonomi pada masyarakat dan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari jenis tahapan finishing yang dilakukan oleh pengrajin mebel di Surakarta terhadap timbulnya DKAK.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pengrajin mebel dan melakukan pengambilan foto standar pada kedua telapak tangan dan punggung tangan. Pengumpulan sampel menggunakan metode consecutive sampling. Data kuisioner yang diambil meliputi usia, lama kerja, jam kerja, jenis kayu yang dikerjakan dan tahapan finishing mebel yang dilakukan. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program Statistical Package for Social Sciences 24 (SPSS 24) for Windows Release dengan metode analisis chi square.

Hasilp: 0,307, OR = 1,519

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tahapan finishing mebel dengan timbulnya DKAK (OR=1,519). Pada karakteristik subjek, hanya karakteristik usia yang memiliki hubungan yang signifikan dengan timbulnya DKAK (p=0,027, OR=2,67).

×
Penulis Utama : Muhammad Setya Fachreza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015168
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Jenis Tahapan Finishing Mebel Terhadap Timbulnya Dermatitis Kontak Akibat Kerja Pada Pengrajin Mebel Di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0015168-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurrachmat Mulianto, dr., M.Sc, Sp.KK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.