Penulis Utama : Ahmad Nur Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0511003
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisa Pola Data Awal Siswa dengan Nilai Ujian Akhir Siswa dan Kemampuan Agamanya. (Studi Kasus: SMPIT Nur Hidayah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS- FMIPA, Prodi. Informatika- M0511003 - 2018
Subyek : APRIORI, ASSOCIATION RULE, DATA ORANG TUA, DATA SISWA, DATA MINING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Setiap tahunnya SMPIT Nur Hidayah menerima dan meluluskan siswa yang jumlahnya tidak sedikit. Data tersebut akan semakin bertambah dan tidak memiliki nilai yang strategis apabila tidak dianalisa secara maksimal.   Dalam penelitian ini mencari pola-pola menarik dalam data tersebut sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Dalam penelitian ini digunakan data mining, menggunakan metode Association  Rule  Mining  dengan  Algoritma  Apriori  digunakan  untuk mendapatkan pola hubungan antara keadaan orang tua dan nilai anak. Data yang digunakan  merupakan  data  orang  tua  dan  data  siswa  angkatan  2012,  ketika mereka masuk dan lulus dari sekolah.
Dari penelitian ini Ada 53 rule yang terbentuk, yang terdiri dari 50 rule yang confidencenya mulai dari 0,7 sampai dengan 0,8 dan tiga rule diatas 0,8 dengan consequent PAI A, PAI B, UAN A dan UAN B. Setelah dilakukan eliminasi diperoleh 19 rule yang consequent-nya terkait PAI dan 23 rule yang consequent-nya terkalit UAN. Dengan network analysis diperoleh informasi sebagai berikut: 1) bila dilihat dari nodenya pendidikan ibu B dan PAI B merupakan atribut yang banyak kemunculannya dan dominan dalam rule yang muncul. 2) Kemudian dilihat dari kuat edgenya diperoleh hubungan yang dominan dalam rule yang ada, diantaranya PAI_B dengan Laki-laki, Pendidikan ibu B dengan UAN_A, Baca Qur’an Ayah B dengan UAN_A,  Perempuan dengan UAN A, Asal SD A dengan UAN A, jarak B dengan Asal SD A, Gaji orang tua B dengan Perempuan.
Kata kunci  – Apriori,  Association Rule, Data Orang Tua, Data Siswa,  Data

Mining

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sari Widya, S.Kom. M.T.I.
2. Ristu Saptono, S.Si. M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA