Penulis Utama : Obed Adi Nugroho
NIM / NIP : K6414042
×

Penelitian ini dilakukan  dengan tujuan untuk mengetahui  strategi yang dilakukan oleh TKPKD Surakarta dalam pembentukan civic disposition kelompok pengrajin dandang di  RW   17  Kelurahan   Semanggi,   serta   faktor   pendorong   dan   penghambat   dalam pembentukan civic disposition kelompokpengrajin dandang.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif  dengan  menggunakan  pendekatan
deskriptif. Data dan sumber data yang digunakan adalah Kepala Pelaksana Harian TKPKD Surakarta, Comitte Organizer TKPKD Surakarta, Kasi Aneka Usaha Dinas Tnaga Kerja dan Perindustrian, Kepala Bidang Perizinan Pengawasan dan Pemeriksaan Koperasi, serta pengrajin  dandang  di RW 17 Kelurahan  Semanggi.  Sedangkan  sumber  datanya  adalah informan,   tempat   penelitian.   Teknik   pengumpulan   data   menggunakan   wawancara mendalam,  observasi  dan analisis  dokumen.Teknikanalisis  data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah model interactive of analisis yang melalaui beberapa tahap analisis.
Berdasarkan  analisis  data  dan  pembahasan  dalam  penelitian  dapat  disimpulkan bahwa  : (1)  strategi  yang  dilkukan  oleh  TKPKD  Surakarta  dalam  pembentukan  civic disposition  kelompok  penggrajin  dandang  di  RW  17  diinternalisassikan  lewat  progra ebrbasis pemberdayaan  masyarakat,  antara lain pembentukan  kelompok usaha koperasi, pemberian bantuan alat dengan sistem revolving alat, serta melalui kegiatan koperasi. (2) di dalam pelaksanaannya diketemukan adanya faktor pendorong yaitu potensi ekonomi yag dapat dikembangkan yaitu usaha kerajinan dandang, adanya sistem manajemen keroyokan yang melibatkan Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian  serta terjalinnya koordinasi yang baik,serta respon positif dari masyarakat. Untuk faktor penghambat berupa tingkat pendidikan masyarakat yang rendah, pertemuan kelompok danrevolving alat tidak berjalan, comitte organizer tidak rutin melakukan pendampingan, serta  OPD  kurang  cepat  dalam  dalam  menindaklanjuti   permasalahan   yang  muncul kususnya  berkaitan  bantuan  alat. Dapat disimpulkan  bahwa secara jujur program  tidak berhasil dalam membentuk civic disppsition anggota kelompok pengrajin dandang tetapi ada sedikit mengubah sikap.

Kata kunci : civic disposition, pengrajin dandang, pemberdayaan masyarakat

 

×
Penulis Utama : Obed Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414042
Tahun : 2019
Judul : Strategi pembentukan civic disposition kelompok pengrajin dandang RW 17 kelurahan Semanggi oleh TKPKD Surakarta melalui program berbasis pemberdayaan masyarakat
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K641402-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, SH, M.Hum.
2. Rima Vien Permata Hartanto, SH, MH.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.