Penulis Utama : Ayuningtiyas Dian Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514010
Tahun : 2017
Judul : Formulasi dan Evaluasi Sediaan Masker Peel-Off Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dengan Variasi Konsentrasi PVA sebagai Gelling Agent
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prodi. DIII Farmasi- M3514010-2017
Subyek : MASKER PEEL-OFF, OCIMUM BASILICUM L., PVA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Masker peel-off merupakan sediaan kosmetik untuk mengatasi masalah pada wajah seperti jerawat yang salah satunya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan salah satu tanaman yang mempunyai aktivitas antibakteri yaitu daun kemangi (Ocimum basilicum L.). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVA terhadap evaluasi fisik dan kimia.
Ekstraksi daun kemangi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol  96%  teknis.  Ekstrak  daun  kemangi  kemudian  diformulasikan  dengan variasi konsentrasi PVA 8%, 10%, dan 12%. Evaluasi sifat fisik dan kimia yang dilakukan yaitu uji organoleptis, uji homogenitas, uji daya lekat, uji daya sebar, uji pH, dan uji waktu mengering selama empat minggu. Data yang diperoleh dianalisis secara teoritis dan secara statistik menggunakan SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi konsentrasi PVA (8%, 10%,
12%) sebagai gelling agent berpengaruh signifikan terhadap konsistensi, daya lekat, daya sebar, pH, dan waktu mengering masker peel-off. Konsentrasi PVA yang memiliki evaluasi fisik dan kimia paling baik yaitu PVA 8?ngan konsistensi cukup kental, daya lekat 23,63±0,159 detik, daya sebar 5,26±0,24 cm, pH 6,51±0,01, dan waktu mengering 27,92±0,246 menit.


Kata kunci : Masker peel-off, Ocimum basilicum L., PVA

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sholichah Rohmani, S.Farm., M.Sc., Apt.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA