Penulis Utama : Nur Syarohmawati
NIM / NIP : M3514038
×

ABSTRAK

Penderita DM di Puskesmas Jaten I sebesar 256 orang di tahun 2016 dan hanya sekitar 30-38 orang yang melakukan pemeriksaan tiap bulan. Pengobatan DM bertujuan untuk mencegah komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup. Pengetahuan penggunaan obat dan perilaku yang baik merupakan aspek penting dalam mengendalikan penyakit DM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan penggunaan obat antidiabetes dan perilaku pasien diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Jaten I.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental survei dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan resep yang diterima, Depkes RI tahun 2008, BPOM tahun 2015 serta teori relevan lain.
Hasil penelitian menunjukkan dari 33 responden, sebanyak 67% mengetahui nama obat antidiabetes, 85% mengetahui dosis obat, 100% mengetahui waktu penggunaan obat, 94% mengetahui cara pemakaian, 94% mengetahui tempat penyimpanan  obat,  42% mengetahui ciri-ciri  obat  rusak,  15%  mengetahui  cara
pembuangan obat, 39% mengetahui akibat menghentikan penggunaan obat, sedangkan perilaku pasien sebanyak 85% mengetahui tindakan apabila lupa mengkonsumsi obat, 88% melakukan pemeriksaan kembali ke puskesmas setelah obat habis, 76% tidak pernah menghentikan penggunaan obat, dan 88% mengetahui tindakan lain untuk mengontrol gula darah.


Kata kunci: pengetahuan, perilaku, penggunaan obat, diabetes mellitus

 

×
Penulis Utama : Nur Syarohmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514038
Tahun : 2017
Judul : Gambaran Pengetahuan Penggunaan Obat Antidiabetes dan Perilaku Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Puskesmas Jaten I
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prodi. DIII Farmasi- M3514038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Sasongko, S. Farm, M. Sc., Apt,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.