Penulis Utama : Akhbar Sabdana Putra
NIM / NIP : K6414005
×

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP N 1Wedi. 2) Untuk mengetahui apa kendala-kendala implementasi karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP N 1 Wedi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari: informan, observasi dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah menggunakan  trianggulasi dengan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interactive of analysis), yakni terdiri dari tiga komponen utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn di SMP N 1 Wedi berupa penguatan tehadap berbagai nilai seperti: religius, cinta tanah air, jujur, toleransi serta disiplin. Pelaksanaan penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran PPKn di SMP N 1 Wedi berupa penguatan tehadap berbagai nilai seperti: religius, cinta tanah air, jujur, toleransi serta disiplin. Untuk menjadikan peserta didik mudah dalam memahami materi yang bermuatan karakter kewarganegaraan, yang mana akan disampaikan dalam pelaksanaan pembelajaran maka Guru PPKn memilih pendekatan saintifik sesuai tuntutan kurikulum 2013. Selanjutnya, berdasarkan pendekatan tersebut, maka beliau memilih model pembelajaran berbasis masalah yang dilaksanakan melalui metode diskusi. Kemudian melaksanakan evaluasi pembelajaran menggunakan instrument penilaian kompetensi sikap sesuai RPP PPKn (Lembar Observasi, Jurnal, Skala Sikap). Dengan berbagai pendekatan pendidikan karakter yang digunakan: pendekatan penanaman nilai, pendekatan moral kognitif,  serta pendekatan pembelajaran berbuat. 2) Hambatan dalam penguatan nilai-nilai karakter Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP N  1 Wedi, meliputi: (a) Guru terlalu memfokuskan penyelesaian materi, namun kurang memperhatikan  terhadap  pemberian  penguatan  karakter  kewarganegaraan; (b) Masih terdapat  ruang  kelas  yang  kotor  serta  suhu  ruangan  yang  tinggi; (c) Masih terdapat beberapa  siswa  yang  cenderung  sulit  untuk  diatur; (d) Masih ada siswa yang memiliki tingkat keaktifan yang cukup rendah dalam pembelajaran PPKn, mereka cenderung bersikap acuh ketika menerima penguatan karakter kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn; (e) Pergaulan siswa yang cenderung tidak mudah untuk dikendalikan, sehingga pembentukan karakter kewarganegaraan mereka terancam tidak berhasil.


Kata kunci : penguatan karakter kewarganegaraan, pembelajaran PPKn.

 

×
Penulis Utama : Akhbar Sabdana Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414005
Tahun : 2019
Judul : Penguatan karakter kewarganegaraan melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wedi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Ppkn-K6414005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd, M.Sc.
2. Dr. Moch. Muhtarom, S.Ag, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.