Penulis Utama : Mahardhika Adhi Candra Dewi
NIM / NIP : M3514032
×

ABSTRAK

Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang antibiotik merupakan faktor resiko meningkatnya tingkat resistensi bakteri terhadap antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan pasien rawat jalan tentang penggunaan antibiotika di Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso serta untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan responden.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif non eksperimental dengan desain penelitian Cross-Sectional Study. Sampel diperoleh menggunakan metode accidental sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh 225 pasien rawat jalan di Puskesmas Ngargoyoso dan 281 pasien rawat jalan di Puskesmas Karanganyar. Data yang diperoleh dikelompokkan menjadi data karakteristik pasien dan data pengetahuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Puskesmas Ngargoyoso sebanyak 76,4% (172 orang) mempunyai pengetahuan tinggi tentang penggunaan antibiotika, 23,2 % (52 orang) berpengetahuan sedang, dan 0,4% (1 orang) berpengetahuan rendah. Sebanyak 81,8% (230 orang) mempunyai pengetahuan tinggi, diikuti 17,1% (48 orang) berpengetahuan sedang, dan 1,1% (3 orang) berpengetahuan rendah di Puskesmas Karanganyar. Hasil analisis menggunakan Chi-Square menunjukkan bahwa di kedua lokasi (Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso) terdapat hubungan antara tingkat pendidikan responden dengan tingkat pengetahuan responden tentang penggunaan antibiotika (p value < 0>Kata kunci : Antibiotika, Tingkat Pengetahuan, Pasien Rawat Jalan, Puskesmas Kabupaten Karanganyar.

 

×
Penulis Utama : Mahardhika Adhi Candra Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514032
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Tingkat Pengetahuan Pasien Rawat Jalan Tentang Penggunaan Antibiotika di Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA, Prodi. DIII Farmasi- M3514032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Farida, S.Farm., M.Sc., Apt.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.