Penulis Utama : Anggraini Adi Pawestri
NIM / NIP : K4212007
×

Abstrak
Analisis   stilistika   dalam   serat   Wulangreh   karya   Sri   Susuhunan Pakubuwana IV ini merupakan analisis terhadap gaya bunyi, aspek citraan, dan gaya bahasa retoris yang ada dalam karya sastra terebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis stilistika atau analisis isi untuk mendeskripsikan pemilihan dan pemakaian bahasa yang meliputi gaya bunyi, citraan, dan gaya bahasa retoris.
Data penelitian ini berupa satuan lingual yang mengandung beraneka macam kosakata. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara   mendalam.   Teknik   analisis   data   menggunakan   teknik   analisis mengalir yang terdiri dari tiga tahap yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data atau display, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang berfungsi untuk menelaah data-data yang diperkukan.
Hasil   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa   keanekaragaman   dalam pemakaian kosakata terhadap gaya bunyi, citraan, dan gaya bahasa retoris. Gaya bunyi yang ditemukan pada penelitian ini antara lain anadiplosis (purwakanthi guru basa/lumaksita), aliterasi (purwakanthi guru sastra), dan asonansi (purwkanthi guru swara). Data yang berkaitan dengan pencitraan antara lain citra penglihatan, citra pendaran, citra gerak, citra pengecap, dan citra perabaan. Kemudian gaya bahasa retoris juga sangat banyak ditemukan dalam penelitian ini.
Analisis di atas menunjukkan bahwa penulis mampu menonjolkan keanekaragaman  kata  yang  indah  dalam  karya  sastra  ini.  Keanekaragaman tersebut dilatarbelakangi oleh faktor sosial budaya dan pendidikan pada masa lampau yang luhur sehingga relevan dengan pembelajaran bahasa Jawa. Hal tersebut membuat serat Wulangreh karya Sri Susuhunan Pakubuwana IV ini menjadi karya sastra yang khas daripada yang lainnya dalam memberikan ajaran dan nasihat yang luhur.

Kata kunci: stilistika, gaya bunyi, citraan, gaya bahasa retoris, serat Wulangreh, dan pembelajaran bahasa Jawa.

×
Penulis Utama : Anggraini Adi Pawestri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212007
Tahun : 2018
Judul : Analisis Stilistika Dalam Serat Wulangreh Karya Sri Susuhunan Pakubuwana Iv Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Bahasa Jawa-K4212007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M. Hum.,
2. Dr. Djoko Sulaksono, S. Pd., M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.