Penulis Utama : Faradifan Sastra Prasasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0214016
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh pupuk organik, rhizobium Sp I3 dan pupuk kandang terhadap serapan timbal oleh rami (boehmeria nivea) pada tanah vertisol
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Pertanian-Prog. Studi Ilmu Tanah S1-H0214016-2019
Subyek : PUPUK ANORGANIK; RHIZOBIUM SP I3; PUPUK KANDANG; (BOEHMERIA NIVEA; VERTISOL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
PENGARUH PUPUK ANORGANIK, Rhizobium Sp I3 DAN PUPUK KANDANG TERHADAP SERAPAN TIMBAL OLEH RAMI (BOEHMERIA NIVEA) PADA TANAH VERTISOL Skripsi: Faradifan Sastra Prasasti (H0214016). Pembimbing: MMA Retno Rosariastuti dan Sudadi. Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Pencemaran lingkungan oleh logam berat khususnya timbal menjadi salah satu masalah lingkungan yang cukup serius. Keberadaan timbal berlebihan dalam tanah akan menyebabkan degradasi tanah serta mengancam ekosistem kehidupan pada tanah tersebut. Tanaman rami diketahui memiliki sifat hiperakumulator yang dapat dimanfaatkan sebagai media bioremediasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek penggunaan pupuk anorganik, Rhizobium sp.I3 dan pupuk kandang pada usaha menurunkan kadar timbal tanah dengan tanaman rami. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei hingga Oktober 2017 pada tanah sawah yang bersebelahan langsung dengan industrI tekstil di desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 faktor yaitu pupuk anorganik (P0: Tanpa pupuk anorganik, P1: dengan pupuk anorganik), khelator (B0: Tanpa khelator, B1: dengan Rhizobium sp.I3, B2: dengan pupuk kandang), dan tanaman rami (T0: tanpa tanaman rami, T1: dengan tanaman rami) yang diulang tiga kali. Analisa data menggunkan uji ANOVA taraf 5?ngan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) atau dengan uji T taraf 5% serta uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pemberian pupuk anorganik, Rhizobium sp.I3 serta tanaman rami (P1B1T1) menghasilkan serapan timbal paling tinggi yaitu 29,98 µg.g-1 dan mampu menurunkan kadar timbal 9,29 µg.g-1 dari kadar timbal tanah awal. Nilai efektivitas bioremediasi kombinasi perlakuan P1B1T1 memilki nilai paling tinggi dengan nilai 60,35%, selisih 12,22% lebih tinggi dibanding kontrol. Bioremediasi dengan menggunakan khelator bakteri Rhizobium sp. I3 lebih unggul dibandingkan pupuk kandang sapi, karena mampu menurunkan kadar timbal dalam tanah dengan nilai efektivitas bioremediasi tertinggi.

Kata Kunci : PUPUK ANORGANIK; RHIZOBIUM Sp I3; PUPUK KANDANG; (BOEHMERIA NIVEA; VERTISOL

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ABSTRAK_RINGKASAN.pdf
BAB 0.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
pernyataan 18.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. MMA. Retno Rosariastuti, M.Si
2. Dr. Ir. Sudadi, M. P
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian