Penulis Utama : Ratna Diah Nurpitasari
NIM / NIP : K7113178
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V SD N Kuripan Kidul 02 tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V  yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari  guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data desktiptif komparatif dan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  tindakan  kelas  ini  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata
kelas tes pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan pada pratindakan sebesar 59,76 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 24%   . Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,32   dengan persentase
60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81,88 dengan persentase ketercapaian sebesar 84% .
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pemahaman konsep  keragaman  kenampakan  alam  dan  buatan  pada  siswa  kelas  V  SD  N Kuripan Kidul 02 tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : Course Review Horay, pemahaman konsep keragaman kenampakan alam dan buatan.

×
Penulis Utama : Ratna Diah Nurpitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113178
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sd N Kuripan Kidul 02 Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PGSD-K7113178-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd,
2. Drs. M Ismail Sriyanto, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.