Penulis Utama : Zahrotul Chumairo
NIM / NIP : K4214056
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur intrinsik cerita Kyai Sambernyawa; (2) muatan nilai nasionalisme dalam Kyai Sambernyawa; dan (3) relevansi cerita Kyai Sambernyawa sebagai penguatan karakter nasionalisme dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah menengah kejuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Data dalam penelitian ini berupa dokumen catatan sejarah yang berjudul “Pengetan Lalampahan Dalem Ingkang Djoemeneng Mangkoenagoro I ing Soerakarto” karya Ng. Satya Pranawa yang kemudian oleh peneliti dibuat sinopsisnya dalam bentuk crikak untuk memudahkan mengolah dan mendapatkan data-data penelitian. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan beberapa pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan tahap pra lapangan, tahap observasi lapangan, tahap analisis data dan tahap penyusunan lapora penelitian.

Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwasanya cerita Kyai Sambernyawa: (1) mengandung unsur intrinsik yang terdiri dari tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanah dan tema; (2) muatan nilai nasionalisme dalam cerita Kyai Sambernyawa meliputi cinta tanah air, rela berkorban dan patriotisme; (3) relevan dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa sebagai penguatan karakter nasionalisme di Sekolah Menengah Kejuruan.

Kata kunci: crikak, unsur intrinsik, pendidikan karakter, nasionalisme, materi ajar bahasa Jawa

×
Penulis Utama : Zahrotul Chumairo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214056
Tahun : 2019
Judul : Nilai Nasionalisme dalam Cerita Sejarah Kyai Sambernyawa serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Kejuruan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4214056-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.