Penulis Utama : Religia Fatihasari Berliana
NIM / NIP : K6413058
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kondisi wawasan kebangsaan peserta didik di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd., 2) Mengetahui strategi penguatan karakter kebangsaan peserta didik di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd., 3) Mengetahui hambatan dalam penguatan karakter kebangsaan peserta didik di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data terdiri dari: informan, observasi, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan komponen pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Kondisi wawasan kebangsaan peserta didik di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. dapat diketahui bahwa: (a) Masih ada peserta didik yang kurang memahami wawasan kebangsaan Indonesia, (b) peserta didik paham secara teoritis pada saat pelajaran namun implementasi sikap dan perilaku belum mampu sesuai dengan teori yang diketahuinya. 2) Strategi yang dilakukan untuk menguatkan karakter kebangsaan peserta didik di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd. dilaksanakan melalui: (a) Mata pelajaran PKn, Seni Budaya, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan ditambah beberapa mata pelajaran lain secara tersirat pada sosiologi dan ekonomi. (b) Ekstrakulikuler terkait dengan penguatan karakter kebangsaan antara lain: kesenian musik tradisional, tari tradisional, dan pramuka. (c) Budaya sekolah diantaranya upacara, kegiatan tentang kesenian, dan lain-lain. 3) Penguatan karakter kebangsaan di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd.  menemui hambatan, diantaranya: (a) masih kurang adanya kesadaran bahwa tanggungjawab menjaga kelestarian jati diri bangsa dipegang oleh peserta didik sebagai generasi penerus bangsa, (b) kurangnya SDM pendidik untuk membina penguatan karakter kebangsaan terutama melalui pembelajaran PKn, (c) Arus globalisasi mempengaruhi gaya hidup peserta didik menjadi kebarat-baratan.
Kata Kunci : Penguatan, Karakter Kebangsaan, Peserta Didik<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Religia Fatihasari Berliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413058
Tahun : 2017
Judul : Penguatan Karakter Kebangsaan Peserta Didik Di Sekolah Indonesia (Singapura), Ltd.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Pncasila dan Kewarganegaraan-K6413058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A.,
2. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.