Penulis Utama : Vivy Fatmawati Fajrin
NIM / NIP : K4313071
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah lisan dan tertulis pada siswa kelas  XI SMA melalui penerapan model Argumen-driven Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tiandakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dari bulan April hingga Mei 2017. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, lembar observasi, dan wawancara. Data utama kemampuan argumentasi ilmiah diukur dengan indikator claim, evidence dan reasoning. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spriral Kurt Luwin.
Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Argument- deriven Inquiry   meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI SMA. Argumentasi ilmiah lisan mengalami peningkatan tertinggi pada siswa dengan nomor urut 5 dan 16 dengan kenaikan 30, 55% dibandingkan Prasiklus. Sementara  untuk  peningkatan  skor  argumentasi  ilmiah  terendah  pada  siswa dengan  nomor  urut   27  dengan  kenaikan  sebesar 8,33%  dari  Prasiklus.  Pada argumentasi tertulis, peningkatan skor tertinggi pada siswa dengan nomor urut 1 dengan peningkatan sebesar 33,33?ri Prasiklus. Sementara peningkatan skor argumentasi  terendah  pada  siswa  dengan  nomor  urut  23  dengan  peningkatan hanya 5,55?ri Prasiklus. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran Argument-driven inquiry (ADI) dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA.

Kata Kunci : Argumentasi ilmiah, Argumen-driven Inquiry, PTK

 

×
Penulis Utama : Vivy Fatmawati Fajrin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313071
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Argument-Driven Inquiry (Adi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas Xi Sma Pada Pembelajaran Biologi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Biologi-K4313071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari, S.Si, M.Si.,
2. Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.