Penulis Utama : Amalia Razaqsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514009
Tahun : 2020
Judul : Pencahayaan dan Penghawaan Alami Rumah Tinggal di Perumahan PT. Fajar Bangun Raharja
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514009-2020
Subyek : PENCAHAYAAN ALAMI, PENGHAWAAN ALAMI, RUMAH TINGGAL, SNI, GREENSHIP HOME
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis tingkat pencahayaan dan penghawaan alami di masing-masing ruang rumah tinggal menurut SNI dan Greenship Home. (2) Menganalisis luas bukaan dan sirkulasi udara di masing-masing ruang rumah tinggal menurut SNI dan Greenship Home.

 Penelitian dilakukan pada rumah tinggal di perumahan Griya Mustika Indah, Green Garden Residence dan Griya Gedongan Indah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan data mengenai tingkat pencahayaan dan penghawaan alami yang diukur menggunakan alat yaitu Lux meter, Hot Wire Anemometer, dan Humidity. Pengolahan data kuesioner (angket) dilakukan melalui aplikasi SPSS, kemudian hasil pengambilan data di analisa dari keadaan di lingkungan sekitar rumah tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kenyamanan pencahayaan alami yang sesuai SNI dan Greenship Home di ruang tamu sebesar 30%, ruang keluarga sebesar 40%, ruang tidur sebesar 20%, ruang makan sebesar 20%. Sedangkan dapur dan toilet tidak ada yang sesuai syarat. Menurut angket, sebesar 100% ruang tamu dan ruang keluarga, 72% ruang tidur, 90% ruang makan, dan 60?pur dinyatakan nyaman, sedangkan toilet dinyatakan tidak nyaman oleh semua responden. Tingkat kenyamanan penghawaan alami di seluruh ruangan tidak ada yang sesuai SNI dan Greenship Home. Menurut angket, 100% ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur, 90% ruang makan, 70?pur, dan 8% toilet dinyatakan nyaman oleh responden. (2) Luas bukaan untuk sirkulasi udara dan sistem ventilasi yang sesuai syarat Greenship Home di ruang tamu dan ruang makan sebesar 20%, ruang keluarga sebesar 10%, dan dapur sebesar 30%. Sedangkan, ruang tidur dan toilet tidak ada yang sesuai syarat.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Chundakus Habsya, MS.Ars.
2. Budi Siswanto, S.Pd, M.Ars.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP