Penulis Utama : Ziyad Yusuf Khusaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115121
Tahun : 2019
Judul : Analisis harga pokok produksi campuran aspal dengan bahan bakar cangkang kelapa sawit dan solar menggunakan metode activity based costing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Teknik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Teknik-Prodi S1 Teknik Sipil-I0115121-2019
Subyek : ASPHALT MIXING PLANT; HARGA POKOK PRODUKSI; CANGKANG KELAPA SAWIT; ACTIVITY BASED COSTING;
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Ziyad Yusuf Khusaini, 2019. Analisis Harga Pokok Produksi Campuran Aspal Bahan Bakar Cangkang Kelapa Sawit Pada Asphalt Mixing Plant Menggunakan Metode Activity Based Costing. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Meningkatnya pembangunan infrastruktur khususnya di bidang transportasi yaitu jalan raya membuat banyak perusahaan harus bersaing untuk mencari harga produksi seefektif mungkin dengan kualitas yang terjamin. PT Selo Manunggal Sejati adalah perusahaan Asphalt Mixing Plant yang bergerak dalam pembuatan campuran aspal. Perusahaan ini selalu mencoba menemukan inovasi-inovasi terbarukan yang ramah lingkungan dan harga yang lebih ekonomis untuk proses produksinya. Cangkang kelapa sawit adalah salah satu bahan yang terus dikembangkan dalam pemanfaatannya untuk mengurangi limbah dari kelapa sawit. Bahan ini mampu menjadi bahan bakar pengganti solar pada dryer di asphalt mixing plant dengan harga yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harga pokok produksi campuran aspal dengan bahan bakar cangkang kelapa sawit sebagai pengganti bahan bakar solar pada dryer di asphalt mixing plant menggunakan metode activity based costing yang menghitung harga pokok produksi berdasarkan aktivitas pekerjaan kemudian dibandingkan dengan harga pokok produksi campuran aspal menggunakan bahan bakar solar.
Langkah pertama penelitian ini adalah mengumpulkan data melalui wawancara mengenai proses produksi campuran aspal dengan bahan bakar cangkang kelapa sawit sebagai pengganti bahan bakar solar pada dryer di asphalt mixing plant, mengumpulkan data komponen harga yang menjadi pemicu biaya untuk menentukan harga pokok produksi. Analisis ini menggunakan metode activity based costing untuk menentukan biaya overhead pabrik kemudian ditambah biaya bahan baku. Hasil dari penelitian ini didapatkan prosedur produksi campuran aspal dengan bahan bakar cangkang kelapa sawit dan harga pokok produksi dari proses produksi campuran aspal tersebut.
Hasil analisis data adalah estimasi harga pokok produksi campuran aspal dengan bahan bakar cangkang kelapa sawit sebagai pengganti bahan bakar solar pada dryer asphalt mixing plant adalah Rp. 916.821,10/ 1000 kg campuran aspal. Hasil tersebut nilainya lebih murah dibanding dengan harga produksi aspal dengan bahan bakar solar yaitu Rp. 983.658,54/ 1000 kg campuran aspal sehingga hasil akhirnya adalah pemakaian cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar dryer asphalt mixing plant 6,8 % lebih murah dari harga produksi aspal dengan bahan bakar solar.
Kata Kunci : ASPHALT MIXING PLANT; HARGA POKOK PRODUKSI; CANGKANG KELAPA SAWIT; ACTIVITY BASED COSTING;

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. ABSTRAK.pdf
1. BAB 0.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
7. Daftar Pustaka.pdf
pernyataan 25.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D
2. Dr. Florentina Pungky Pramesti, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik