Penulis Utama : Khairunisa Wulandari
NIM / NIP : D1217025
×

Abstrak

Iklan Shopee edisi Blackpink mendapatkan kecaman oleh 127 ribu orang yang menandatangi petisi gagasan Maimon Herawati di situs change.org. Iklan ini menampilkan girl band Blackpink sebagai brand ambassador Shopee. Petisi ini menilai bahwa pakaian mini yang dikenakan oleh Blackpink dikhawatirkan dapat merusak generasi selanjutnya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui makna pesan apa yang terkandung dalam iklan market place Shopee edisi Blackpink tersebut.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika dari Roland Barthes dimana di dalamnya terdapat tiga tahapan, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Denotasi adalah makna yang sesungguhnya, konotasi adalah makna tambahan, dan mitos adalah cara berpikir dari suatu kebudayaan, cara untuk mengkonseptualisasikan atau memahami sesuatu. Penggunaan metode Roland Barthes dimaksudkan untuk memungkinkan membaca, menyandi balik, atau menafsirkan makna yang terdapat berdasarkan konsep, ide, dan perasaan di dalam iklan tersebut.
Jenis penelitian ini merupakan kualitatif  dengan metode semiotika. Paradigma yang digunakan adalah paradigma dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi dimana penulis mencari literatur seperti buku, jurnal, ataupun penelitian terdahulu . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penganalisan unsur-unsur tanda seperti narasi, dialog, musik, warna, setting, properti, kostum, ekspresi, dan gesture yang ada dalam iklan Shopee edisi Blackpink dengan tahapan denotasi, konotasi, dan mitos.
Hasil yang didapatkan adalah iklan market place Shopee edisi Blackpink mempunyai makna tersirat diantaranya, pertama perempuan diibaratkan seperti bunga yang cantik namun mudah layu yang berartikan perempuan adalah makhluk yang indah namun mudah pudar keindahannya, kedua perempuan adalah seorang yang tangguh yang berarti sukar untuk dikalahkan, ketiga perempuan adalah seseorang yang berkuasa yang berarti ia memiliki kedudukan yang lebih tinggi, keempat perempuan adalah seseorang yang mewah dan elegan dapat dilihat dari penggunaan mobil sport, pakaian, tas, sepatu, serta lainnya yang menunjukkan kemewahan.

Kata Kunci : Blackpink, Iklan, Roland Barthes, Semiotika, Shopee

×
Penulis Utama : Khairunisa Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217025
Tahun : 2019
Judul : Pemaknaan Iklan Market Place Shopee Edisi Blackpink di Televisi (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Pemaknaan Iklan Market Place Shopee Edisi Blackpink di Televisi Tahun 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1217025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si.
2. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.