Penulis Utama : Novia Ayu Candraningrum
NIM / NIP : K2515056
×

Abstrak

Program Sekolah Lima Hari (PS5H) merupakan program pembelajaran di sekolah yang berlangsung selama lima hari dalam seminggu. Program Sekolah Lima Hari merupakan sebuah inovasi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui efektivitas dan efisiensi penggunaan waktu di sekolah. Tujuan program ini untuk membantu siswa mampu membagi waktu dengan baik antara kegiatan akademik dan non akademik yang keduanya sangat dibutuhkan bagi perkembangan siswa.  

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sawit Boyolali dengan metode pendekatan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif, karena data yang diperoleh berupa keterangan-keterangan. Analisis data deskriptif tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran program sekolah lima hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran PS5H di SMK Negeri 1 Sawit Boyolali dilaksanakan sudah berjalan baik. Guru SMK Negeri 1 Sawit Boyolali telah memberikan apresiasi mengajar dengan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dengan memperhatikan pelajaran di kelas. Penggunaan waktu dengan penerapan PS5H jam belajar mengajar dilakukan secara efektif dan memberikan ruang waktu libur pada hari Sabtu dan hasil pembelajaran  di SMK Negeri 1 Sawit Boyolali diharapakan pencapaian guru selama proses mengajar di kelas yang ditarget 100%  dengan target diadakan remidial. Jika remidial tersebut belum mencapai KKM maka diberi penugasan sampai mereka mampu mencapai KKM.

 

Kata Kunci : Efektivitas, pembelajaran program sekolah lima hari, SMK

 

×
Penulis Utama : Novia Ayu Candraningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515056
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas Pembelajaran Program Sekolah Lima Hari (Ps5h) Di Smk Negeri 1 Sawit Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kip Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515056-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T.
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.