Penulis Utama : Afifah Nada Putri Ramadhani
NIM / NIP : B0215003
×

Abstrak

Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah 1)  bagaimana ideologi  Seno Gumira Ajidarma yang tercermin dalam karya sastra tersebut? 2) bagaimana formula teks-teks sastra (tata naratif teks) sebagai cermin sosial dari insiden Dili berdasarkan ideologi pengarang di dalam karyanya? Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui ideologi Seno Gumira Ajidarma yang tercermin dalam karya tersebut, 2) mendeskripsikan formula teks dan cermin sosial yang ditampilkan pengarang dalam novel Jazz, Parfum, dan Insiden.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan mimesis yang bertumpu pada karya sastra. Objek material penelitian ini adalah novel Jazz, Parfum, dan Insiden karya Seno Gumira Ajidarma. Objek formal penelitian ini adalah ideologi Seno Gumira Ajidarma. Sumber data primer penelitian  ini  adalah  novel  Jazz,  Parfum,  dan  Insiden  karya  Seno  Gumira Ajidarma. Data primer berupa kutipan tata naratif seperti kata, kalimat, dialog dari sebagian  isi  cerita,  dan  paragraf  yang  dinarasikan  dalam   novel.  Ideologi pengarang ditemukan melalui formula teks yang mencerminkan kehidupan sosial dalam tata naratif teks. Teknik penarikan simpulan pada penelitian ini dilakukan dengan ragam deduktif, yaitu kesimpulan yang disusun dengan cara menentukan fakta umum sebagai inti permasalahan lalu dilanjutkan dengan menjabarkan gagasan-gagasan khusus sebagai penjelas.
Berdasarkan  analisis menggunakan   teori  sosiologi  sastra Ian Watt, simpulan penelitian ini adalah 1) karya-karya Seno yang selalu mengkritik penguasa bisa dipengaruhi oleh kegiatan yang diakrabinya; ideologi pengarang yang tercermin dalam tata naratif teks di dalam novel adalah ideologi humanisme karena mengangkat isu-isu kemanusiaan di dalam menceritakan sebuah insiden Dili, 2) sikap-sikap yang tercermin dalam novel dibagi atas sikap kekerasan, sikap kekuasaan, dan sikap kaum pinggiran; sastra sebagai cermin masyarakat yang terdapat di dalam tata naratif teks mencerminkan kondisi sosial pada dimensi kenyataan dan memperlihatkan sikap-sikap tertentu di dalam karya-karya yang diciptakan.

Kata Kunci : ideologi, pengarang, insiden Dili, sosiologi sastra

×
Penulis Utama : Afifah Nada Putri Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215003
Tahun : 2019
Judul : Ideologi Seno Gumira Ajidarma dalam Novel Jazz, Parfum, dan Insiden (Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-B0215003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.