Penulis Utama : Ardiyan Muhammad Rifai
NIM / NIP : K4613024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar memukul permainan kasti dengan penerapan modifikasi alat bantupembelajaran  pada siswa kelas IIISD N 3 Sidomulyo Boyolalitahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD N 3 Sidomulyo Boyolaliyang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.

Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah siswa 24 hanya 10 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas atau dengan persentase 41,7% siswa tuntas dan 58,3% siswa tidak tuntas. Kemudian hasil belajar yang ditunjukan siswa pada siklus I menunjukan peningkatan yang cukupsignifikan yaitu 14 siswa atau sebesar  58,3% masuk dalam kategori tuntas dan sisanya 10 siswa atau 41,7% masuk kategori tidak tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa yaitu 91,7% atau 22 siswa masuk kategori tuntas dan sisanya 8,3% atau 2 siswa masuk dalam kategori tidak tuntas.

Simpulan dari penelitian ini yaitu dengan penerapan modifikasi alat bantu pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar bermain kasti pada kelas III SD N 3 Sidomulyo Boyolali tahun pelajaran 2018/2019.

×
Penulis Utama : Ardiyan Muhammad Rifai
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613024
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memukul Permainan Bola Kasti pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Sidomulyo Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613024-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. Dr.Sri Santoso Sabarini, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.