Penulis Utama : Dita Eka Pratiwi
NIM / NIP : B0215020
×

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah suntingan teks Hikayat Selindung Delima yang baik dan benar?; (2) Bagaimanakah perubahan- perubahan yang terdapat antara naskah Hikayat Selindung Delima dan film Selendang Delima karena proses alih wahana? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghadirkan suntingan teks HSD yang baik dan benar; (2) Mendeskripsikan penemuan perubahan antara film Selendang Delima dan Hikayat Selindung Delima akibat proses alih wahana.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah naskah Hikayat Selindung Delima dengan kode MSS Malay C 6 koleksi British Library dan film Selendang Delima. Metode penyuntingan yang digunakan adalah metode standar. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik kepustakaan. Data dalam naskah Hikayat Selindung Delima berupa kata, frasa, kalimat, dan paragraf. Data dalam film Selendang Delima, yaitu unsur pembangun cerita berupa alur, tokoh, dan latar tempat. Teknik pengolahan data penelitian meliputi tahap deskripsi, tahap analisis, dan tahap evaluasi.
Kritik teks terhadap Hikayat Selindung Delima menunjukkan terdapat kesalahan salin tulis dan ketidakkonsistenan penulisan yang meliputi 21 lakuna, 21 adisi, 35 substitusi, 10 ditografi, 3 transposisi, dan 28 ketidakkonsistenan. Kajian alih wahana terhadap naskah Hikayat Selindung Delima dan film Selendang Delima menghasilkan simpulan, yaitu adanya perubahan unsur naratif akibat proses ekranisasi dari Hikayat Selindung Delima menjadi film Selendang Delima. Perubahan tersebut meliputi 3 unsur pembangun cerita, yaitu alur, tokoh, dan latar tempat. Ketiganya mengalami penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Perubahan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu terkait perhitungan durasi film dan tingkat kebosanan penonton, perlunya dramatisasi film akibat dari kemunculan konflik, pertimbangan kelogisan dan keruntutan cerita, perhitungan biaya produksi, serta berbagai keperluan filmis lainnya.

Kata Kunci : Hikayat Selindung Delima, film Selendang Delima, suntingan, dan alih wahana

×
Penulis Utama : Dita Eka Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215020
Tahun : 2019
Judul : Hikayat Selindung Delima: Suntingan Teks Disertai Kajian Alih Wahana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-B0215020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.