Penulis Utama : Fakhri Firliandi
NIM / NIP : B0215024
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i)  bagaimanakah bentuk metafora yang digunakan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, (ii) bagaimanakah jenis metafora yang digunakan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, dan (iii) bagaimanakah kemiripan antara tenor  dan  wahana  metafora  dalam  bidang  teknologi  informasi  dan telekomunikasi?
Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal: (i) mendeskripsikan bentuk metafora yang digunakan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, (ii) mendeskripsikan jenis metafora yang digunakan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi, dan (iii) mendeskripsikan kemiripan antara tenor dan wahana metafora dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.
Data  penelitian  ini  adalah  data  kebahasan  berupa  kalimat  yang  di dalamnya mengandung ungkapan metafora dalam bidang teknologi informasi dan bidang telekomunikasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi artikel-artikel selama  periode  2018  dalam  media  daring  portal  berita  Detik  pada  kanal Teknologi, portal berita Solopos pada kanal Teknologi, laman Tabloid Pulsa Online dan laman Infokomputer.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Metode penyediaan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  simak dengan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data diterapkan sesuai dengan relevansinya pada rumusan masalah. Metode pertama  yang digunakan adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) yang dilanjutkan dengan teknik ganti dan ubah ujud parafrasal. Metode selanjutnya yang digunakan adalah metode padan dan teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan daya pilah yang bersifat mental. Selain itu, teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP) dengan bantuan metode analisis komponen makna.
Simpulan   penelitian   ini   adalah   (i)   bentuk-bentuk   metafora   bahasa Indonesia dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi yang ditemukan meliputi metafora nominatif, metafora komplementatif, dan metafora predikatif, (ii) jenis-jenis metafora yang ditemukan dalam penelitian ini terbagi atas delapan jenis, yaitu BEING, ENERGY, SUBSTANCE, TERRESTRIAL, OBJECT, LIVING, ANIMATE, dan HUMAN, (iii) berdasarkan kriteria jarak antara tenor dan wahana, metafora dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi   memiliki kemiripan tenor dan wahana yang bersifat objektif dan bersifat emotif.

Kata Kunci : semantik, metafora, komponen makna, teknologi

×
Penulis Utama : Fakhri Firliandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215024
Tahun : 2019
Judul : Metafora Bahasa Indonesia dalam Bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-B0215024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.