Penulis Utama : Nadhirotul Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315040
Tahun : 2020
Judul : Perbandingan Tingkat Ecoliteracy Dimensi Knowledge Siswa SMA pada Kelas dengan Penerapan Discovery Learning disertai Eco Ar 1-3 dan Kelas Konvensional
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4315040-2020
Subyek : ECOLITERACY, DISCOVERY LEARNING, ECO AR 1-3, KNOWLEDGE, EKOSISTEM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat ecoliteracy dimensi knowledge siswa SMA pada kelas dengan penerapan discovery learning disertai ECO AR 1-3 dan kelas konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Sampel penelitian terdiri dari siswa dua kelas X MIPA yang sedang menempuh materi Ekosistem, yaitu sejumlah 34 siswa di kelas kontrol dan sejumlah 36 siswa di kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai ECO-AR (1-3) dalam pembelajaran materi ekosistem, sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran secara konvensional, yang berupa ceramah menggunakan buku teks dan PPT (power point).

Hasil skor post-test soal knowledge untuk kelas kontrol menunjukkan rata-rata nilai 58,94 sedangkan pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai 70,22. Uji independent t-test menghasilkan t(df)=value, sig=0,00, sehingga dikatakan terdapat perbedaan signifikan pada tingkat ecoliteracy dimensi knowledge antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Oleh karena itu, penerapan Discovery Learning berbasis ECO-AR (1-3) memberikan perbedaan tingkat ecoliteracy dimensi knowledge siswa SMA dimana diperoleh hasil yang lebih baik daripada kelas konvensional.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB I .pdf
BAB II .pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
2. Puguh Karyanto, M.Si.,Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP