Penulis Utama : Benediktus Ronaldo Silvano Santoso
NIM / NIP : E0015078
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis standar norma keselamatan dan kesehatan kerja pekerja pada umumnya maupun di sektor konstruksi dan apakah pelaksanaan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di proyek pengembangan dan renovasi Stadion Manahan Surakarta sudah sesuai dengan standar norma yang berlaku atau tidak.
    Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif yang didukung dengan wawancara untuk klarifikasi. Lokasi penelitian di Jalan Adi Sucipto No. 1, proyek pengembangan dan renovasi Stadion Manahan Surakarta. Penelitian hukum ini menggunakan pendekatan undang-undang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan studi kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deduktif.
    Hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan bahwa pemerintah sudah memberikan perlindungan hukum bagi tenaga kerja mulai dari tingkat Peraturan Perundang-undangan, Peraturan Pemerintah, dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja di bidang konstruksi. Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di proyek ini sudah sesuai dengan norma yang berlaku namun masih terdapat hambatan seperti belum lengkapnya alat perlindungan diri yang disediakan oleh perusahaan, kebersihan area kerja dan rendahnya sumberdaya manusia.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pekerja

 

×
Penulis Utama : Benediktus Ronaldo Silvano Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015078
Tahun : 2019
Judul : Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Upaya Pemenuhan Hak Pekerja (Studi Kasus Proyek Pengembangan dan Renovasi Stadion Manahan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015078-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, S.H., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.