Penulis Utama : Javiermanzo Nabil
NIM / NIP : E0015201
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan, pertama pelarangan agen  asuransi  melaksanakan  kewenangannya  dalam  melakukan  perbuatan  hukum yang dapat menyebabkan kerugian. Kedua, bentuk tanggung jawab hukum PT. Prudential Life Assurance atas kerugian akibat perbuatan hukum agen dalam pembukaan polis asuransi jiwa.
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan Penulis pada penulisan hukum ini adalah wawancara dan studi kepustakaan.  Lokasi  penelitian dilaksanakan pada Kantor MRT Eagles Favor PT. Prudential Life Assurance.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa batasan agen asuransi dalam melakukan perbuatan  hukum  ada  dua  yaitu  dilarang  melakukan  pelanggaran  kriminal  dan dilarang melanggar kode etik keagenan terkait perilaku tidak pantas dilakukan dalam bisnis   asuransi.   Penulisan   ini   mengkaji   permasalahan   dalam   sudut   pandang keperdataan yang termasuk dalam pelanggaran kode etik keagenan terkait perilaku tidak pantas dilakukan dalam bisnis asuransi. PT Prudential Life Assurance bertanggungjawab  atas  kerugian  bagi  tertanggung  dengan  mengembalikan  premi yang  telah  terbayar,  sedangkan  tanggung  jawab  atas  kerugian  akibat  perbuatan hukum agen bagi perusahaan sendiri adalah pengakhiran perjanjian keagenan.
Kata   Kunci :   Tanggung   Jawab   Hukum,   Asuransi,   Agen   Asuransi,   Polis Asuransi

 

×
Penulis Utama : Javiermanzo Nabil
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015201
Tahun : 2019
Judul : Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Asuransi atas Kerugian Akibat Perbuatan Hukum Agen dalam Pembukaan Polis Asuransi Jiwa pada Pt.Prudential Life Assurance
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015201-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.