Penulis Utama : Rizky Fuad Andreansa
NIM / NIP : K7115154
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada peserta didik kelas V SDN Bibis Wetan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran terkhusus mata pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan membaca pemahaman.
    Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindkan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas V SDN Bibis Wetan. Yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interakif (Miles & Hubermen). Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman setelah guru menerapkan strategi DRTA pada peserta didik. Peningkatan tersebut di buktikan dengan adanya peningkatan rata rata skor tiap aspek keterampilan membaca pemahman pada siklus yang ke 2. Aspek yang meningkat antara lain 1: memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 1,66 menjadi 3,3; 2 : membuat prediksi cerita berdasarkan judul meningkat dari 2,2 menjadi 2,9; 3: membuat prediksi cerita berdasarkan gambar meningkat dari 2,4 menjadi 3,11; 4: menulis prediksi cerita berdasarkan hasil diskuis kelompok meningkat dari 1,83 menjadi 2,92; 5: membaca teks asli cerita yang dibagikan meningkat dari 2,25 menjadi 3; 6: menilai dan prediksi dengan teks aslinya meningkat dari 2,06 menjadi 2,64; 7: mengerjakan soal meningkat dari 2,36 menjadi 3,5. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpilkan bahwa penerapan strategi Directet Reading Thinking Activity telah terbukti meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik.

Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity, keterampilan membaca pemahaman

×
Penulis Utama : Rizky Fuad Andreansa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115154
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SDN Bibis Wetan No. 158 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115154-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sadiman, M. Pd.
2. Dra. Yulianti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.