Penulis Utama : Novi Setyowati
NIM / NIP : C0214049
×

Abstrak

Penelitian terhadap naskah Melayu Klasik sangat diperlukan guna melestarian peninggalan kebudayaan lama dan melestarikan ilmu-ilmu yang ada di dalamnya. Selain itu, orang awam jarang yang dapat membaca naskah yang ditulis dengan huruf Arab Melayu sehingga perlu dilakukan sutingan teks dan analisis isi supaya lebih mudah dipahami pembacanya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah naskah Syair Sifat Mengenal Tuhan. Data yang diambil berupa kata, frasa, kalimat (larik), dan bait di dalam teks Syair Sifat Mengenal Tuhan yang memiliki kesesuaian dengan konsep-konsep yang terdapat dalam pendekatan semiotika Michael Riffaterre. Penelitian ini dibatasi pada penyajian suntingan teks Syair Sifat Mengenal Tuhan serta analisisnya menggunakan pendekatan semiotika Michael Riffaterre. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui suntingan teks Syair Sifat Mengenal Tuhan yang baik dan benar dengan melakukan inventarisasi naskah, mendeskripsikan seluk-beluk naskah, menuliskan ikhtisar teks, menyunting teks disertai dengan penjelasan kosakata sukar dan kritik teks; dan (2) mendeskripsikan ketidaklangsungan ekspresi; pembacaan heuristik dan hermeneutik; matriks, model, dan varian; dan hipogram dalam teks Syair Sifat Mengenal Tuhan.
Berdasarkan penelitian filologis, diketahui bahwa naskah Syair Sifat Mengenal Tuhan merupakan naskah Tunggal yang ditulis oleh Tengku Muhammad Saleh pada tahun 1334 H/1916 M di Lingga. Naskah ini berisi tentang ajaran mengenai seorang hamba memahami hakikat usul diri untuk mencapai makrifatullah. Ditemukan juga kesalahan salin/tulis dalam Syair Sifat Mengenal Tuhan yang meliputi adisi, lakuna, substitusi, ditografi, transposisi, dan ketidakkonsistenan penulisan.
Berdasarkan pemaknaan semiotika Michael Riffaterre terhadap teks Syair Sifat Mengenal Tuhan, ditemukan bahwa syair ini berisi tentang urgensinya memahami hakikat usul diri untuk mencapai makrifatullah yang terangkum dalam ungkapan man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa rabbahu. Empat tingkatan jalan mengenal Tuhan ialah syariat, tarekat, hakikat, dan makrifat sebagaimana disebutkan dalam surat an-N?r ayat 35. Hipogram yang digunakan untuk menguraikan isi Syair Sifat Mengenal Tuhan ialah ayat-ayat Alquran.

Kata Kunci : syair sifat mengenal tuhan, suntingan teks, semiotika

×
Penulis Utama : Novi Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214049
Tahun : 2019
Judul : Syair Sifat Mengenal Tuhan: Suntingan Teks dan Analisis Semiotika Michael Riffaterre
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0214049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.