Penulis Utama : Desy Kurniasari
NIM / NIP : C0214017
×

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk kata yang terdapat dalam tembang Dolalak? dan (2) bagaimana makna kultural yang terdapat dalam tembang Dolalak?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk kata yang terdapat dalam tembang Dolalak dan (2) mendeskripsikan makna kultural yang terdapat dalam tembang Dolalak.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber dan pendokumentasian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan referensial. Tembang-tembang yang ada pada kesenian Dolalak berupa pantun atau puisi yang berisi keagamaan, nasihat, asmara, bahkan politik.
Adapun hasil dari penelitian dapat disimpulkan terdapat bentuk-bentuk kata dalam tembang Dolalak dan makna kultural yang terdapat dalam tembang Dolalak. Bahasa dalam seni Dolalak digunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau moral dan penggunaannya mementingkan kebenaran bahasa dan pemilihan diksi dengan menggabungkan diksi-diksi yang dianggap luwes dan mudah dinyanyikan.

Kata Kunci : bentuk, makna, tembang, Dolalak, etnolinguistik

×
Penulis Utama : Desy Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214017
Tahun : 2019
Judul : Bentuk, Makna, dan Budaya dalam Tembang Dolalak (Sebuah Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0214017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.