Penulis Utama : B. Rosalina Enny Widi Kristanti
NIM / NIP : S421608003
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik industri air yang diwakilkan oleh PDAM di Indonesia dan struktur biaya serta skala ekonomi dari PDAM di Indonesia dengan melihat dari hasil output, input, dan harga input dari industri air di Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengestimasi menggunakan model translog fungsi biaya.
Hasil yang diperoleh adalah PDAM merupakan perusahaan monopali terfragmen yang hasil jasanya baru digunakan oleh 14?ri rumah tangga di Indonesia. Faktor harga input yang mempengaruhi struktur biaya PDAM adalah harga tenaga kerja, harga modal, dan harga bahan kimia. Faktor output yang mempengaruhi struktur biaya adalah jumlah air yang dihasilkan dan jumlah pelanggan. Skala ekonomi dari PDAM di Indonesia adalah 0.37, hal tersebut menunjukkan bahwa rata – rata PDAM  di Indonesia masuk dalam decreasing return to scale. Output jumlah air yang dihasilkan dan jumlah pelanggan masih tergolong increasing return to scale yaitu 1.22 dan 1.06. Nilai skala ekonomi cakupan wilayah pelayanan 0.39 sehingga masuk dalam kategori decreasing return to scale.
Saran yang dapat diberikan pihak pengelola adalah melakukan pembenahan dalam perbaikan kualitas air dan managemen di PDAM agar banyak rumah tangga yang tertarik menjadi pelanggan PDAM serta melaukan kerjasama antar PDAM untuk agar dapat mencapai increasing return to scale.

Kata Kunci: PDAM; STRUKTUR BIAYA; TRANSLOG; SKALA EKONOMI;

×
Penulis Utama : B. Rosalina Enny Widi Kristanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421608003
Tahun : 2019
Judul : Analisa struktur biaya dan skala ekonomi industri air di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi S2 Ekonomi dan Studi Pembangunan-S421608003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani, S.E
2. Tri Mulyaningsih, SE, M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.