Penulis Utama : Norma Ida Royana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811608014
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan self-regulated learning pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Gondangrejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Teknologi Pendidikan-S811608014-2019
Subyek : MODEL BIMBINGAN KELOMPOK; SELF-REGULATED LEARNING; TEKNIK BRAINSTORMING;
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Self regulated learning perlu dimiliki oleh setiap orang terutama siswa dalam berbagai aktivitas yang dilakukan, khususnya belajar. Karena individu dituntut untuk memiliki kesadaran yang tinggi akan potensi yang dimiliki, kemudian memahami bagaimana cara menggunakan potensi tersebut untuk mencapai tujuan. Berdasarkan pengamatan di lapangan dan hasil data yang diperoleh pada saat pre-test. Hasil angket mengenai self-regulated learning di dapat data sebagai berikut : pada kategori tinggi sebanyak tidak ada, masuk kategori sedang sebanyak 1 siswa (0,83%), masuk kategori kurang sebanyak 87 siswa (72,50%) dan masuk kategori rendah sebanyak 32 siswa (26,67%). Dari hasil wawancara dengan guru BK menunjukkan bahwa bimbingan kelompok yang selama ini dilaksanakan di SMP Negeri Gondangrejo masih bersifat konvensional dan materi yang diberikan masih monoton dan cenderung bersifat kasuistik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan self-regulated learning. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut : (1) Studi Pendahuluan, (2) Merancang Model Hipotetik, (3) Uji Kelayakan Model Hipotetik, (4) Perbaikan Model Hipotetik, (5) Uji Lapangan Model Hipotetik, (6) Hasil Akhir. Untuk memperoleh hasil optimal bimbingan kelompok ini divalidasi oleh empat orang pakar. Aspek yang dinilai validator terdiri dari tujuh aspek, antara lain : rasional, visi dan misi, tujuan, isi bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming, dukungan sistem, model bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terbukti efektif untuk meningkatkan self-regulated learning. Berdasarkan perbedaan skor rata-rata pada evaluasi awal (Pre Test) dan evaluasi akhir (Post Test). Uji T-test diperoleh t-hitung = 11,687 dengan signifikan 0,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima hal ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming efektif untuk meningkatkan self-regulated learning siswa.

Kata kunci:     MODEL BIMBINGAN KELOMPOK; SELF-REGULATED LEARNING; TEKNIK BRAINSTORMING;

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ABSTRAK.pdf
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
pernyataan 34.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mulyoto, M. Pd.
2. Dr. Asrowi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana