Penulis Utama : Anggit Handayani Ati
NIM / NIP : D1616004
×

ABSTRAK

Dalam era digital 4.0 menuntut seorang public relations untuk menguasai berbagai teknologi. Kehadiran media digital memberikan peluang sekaligus tantangan bagi seorang public relations dalam menjaga reputasi dan kepercayaan suatu lembaga pemerintahan yang makin rentan. Liputan, dokumentasi, dan publikasi tersebut menyediakan pelayanan data dan informasi bagi masyarakat guna mengembangkan aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Selain itu, juga untuk membentuk opini publik yang positif sebagai bukti bahwa pelayanan masyarakat yang telah dilakukan oleh pemerintah dapat mensejahterakan masyarakat. Prinsip utama dalam hal ini adalah untuk mewujudkan tanggungjawab sosial pemerintah terhadap dunia usaha dan masyarakat serta unsur komunitas lainnya. Informasi yang dipublikasikan dapat berupa naskah pidato, makalah penting, foto/dokumentasi, data administrasi dan keuangan, berita aneka kegiatan pemerintahan dan pembangunan, dan lain sebagainya.

Pada penulisan tugas akhir ini terfokus pada Liputan dan Dokumentasi pada Kegiatan Pimpinan di Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) yang dilaksanakan selama dua bulan, dimulai pada 22 Februari 2019 – 30 April 2019 di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Pahlawan No. 9, Semarang.

Sub Bagian Liputan dan Dokumentasi selalu mengikuti pimpinan dalam berbagai kegiatan untuk meliput dan mendokumentasikan kegiatan tersebut. Pimpinan  yang  dimaksud  adalah  Gubernur,  Wakil  Gubernur  dan  Sekretaris Daerah. Bahan liputan dapat berupa rekaman suara yang akan diolah menjadi suatu berita. Bahan dokumentasi berupa video yang diolah menjadi video singkat dan foto diolah untuk  mendukung berita  yang akan dibuat, dalam pembuatan berita pun harus selalu dalam posisi netral atau tidak memihak. Hasil dari liputan dan dokumentasi kegiatan pimpinan selalu diposting dalam media publisitas milik Humas Jateng.

Kata kunci  :  Humas, Liputan, Dokumentasi

 

×
Penulis Utama : Anggit Handayani Ati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1616004
Tahun : 2019
Judul : Liputan dan Dokumentasi pada Kegiatan Pimpinan di Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP, Prodi DIII Komunikasi Terapan-D1616004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.