Penulis Utama : Hepy Hardiyanti Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013112
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Sensitivitas Etika Kedokteran Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0013112-2016
Subyek : ETIKA KEDOKTERAN, KEPUASAN PASIEN, HUBUNGAN DOKTER-PASIEN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang:  World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa satu juta orang di dunia menderita kecacatan bahkan kematian setiap tahunnya akibat praktik pelayanan kesehatan yang tidak aman. Adanya fakta ini menuntut adanya peningkatan kualitas layanan kesehatan. Kualitas layanan tersebut dapat tercermin dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien juga didukung oleh hubungan dokter-pasien  merupakan  pondasi dalam  praktik  kedokteran  dan  juga  etika nkedokteran.  Penelitian  ini  ditujukan untuk  mengetahui  apakah  terdapat hubungan  sensitivitas etika kedokteran dengan  kepuasan pasien.

Metode:  Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap dan dokter muda di RSUD Dr. Moewardi. Pengambilan sampel pasien secara acak sedangkan sampel dokter muda diambil dengan teknik convenience sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil:  Dari hasil analisis data, terdapat hubungan sensitivitas etika kedokteran dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,078 yang berarti tidak bermakna secara statistik, tetapi dengan kekuatan korelasi s e d a n g  dan arah korelasi yang positif (r = 0,469).

Simpulan:  Ada hubungan antara sensitivitas etika kedokteran dengan kepuasan pasien.

Kata kunci:  Etika Kedokteran, Kepuasan Pasien, Hubungan Dokter-pasien.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maryani, dr., M.Si., Sp. MK
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran