Penulis Utama : Hepy Hardiyanti Kusumaningtyas
NIM / NIP : G0013112
×

Latar Belakang:  World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa satu juta orang di dunia menderita kecacatan bahkan kematian setiap tahunnya akibat praktik pelayanan kesehatan yang tidak aman. Adanya fakta ini menuntut adanya peningkatan kualitas layanan kesehatan. Kualitas layanan tersebut dapat tercermin dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien juga didukung oleh hubungan dokter-pasien  merupakan  pondasi dalam  praktik  kedokteran  dan  juga  etika nkedokteran.  Penelitian  ini  ditujukan untuk  mengetahui  apakah  terdapat hubungan  sensitivitas etika kedokteran dengan  kepuasan pasien.

Metode:  Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap dan dokter muda di RSUD Dr. Moewardi. Pengambilan sampel pasien secara acak sedangkan sampel dokter muda diambil dengan teknik convenience sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil:  Dari hasil analisis data, terdapat hubungan sensitivitas etika kedokteran dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,078 yang berarti tidak bermakna secara statistik, tetapi dengan kekuatan korelasi s e d a n g  dan arah korelasi yang positif (r = 0,469).

Simpulan:  Ada hubungan antara sensitivitas etika kedokteran dengan kepuasan pasien.

Kata kunci:  Etika Kedokteran, Kepuasan Pasien, Hubungan Dokter-pasien.

 

×
Penulis Utama : Hepy Hardiyanti Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013112
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Sensitivitas Etika Kedokteran Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0013112-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maryani, dr., M.Si., Sp. MK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.