Penulis Utama : Singgih Prasetyo
NIM / NIP : C0512044
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Sejarah dan latar belakang munculnya kesenian tari topeng Cirebon di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. (2) Dinamika kesenian tari topeng Cirebon di Desa Slangit selama kurun waktu tahun 1970 – 1990. (3) Peranan sanggar-sanggar kesenian tari topeng Cirebon di Desa Slangit bagi masyarakat di Desa Slangit.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Interpretasi penulis dan yang terakhir Historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, studi pustaka dan wawancara. Kemudian diolah dan dianalisa sehingga menghasilkan fakta-fakta historis kemudian disusun dalam sebuah historiografi.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perkembangan kesenian tari topeng Cirebon di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon pada tahun 1970 hingga 1990, dilatarbelakangi dengan adanya pelestarian kesenian tari topeng Cirebon. Dinamika yang terjadi pada kurun waktu 1970 hingga 1990 telah membuat kesenian tari topeng Cirebon kian kreatif mengikuti arus perkembangan zaman. Sanggar-sanggar seni yang ada di Desa Slangit membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan keberadaan kelompok kesenian tari topeng Cirebon di Desa Slangit sangat berperan penting dalam melestarikan kesenian tradisional. Kesenian tradisional tari topeng Cirebon juga berperan dalam menjaga tradisi luhur yang syarat akan nilai filosofi yang tinggi

×
Penulis Utama : Singgih Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512044
Tahun : 2019
Judul : Dinamika Kesenian Tari Topeng Cirebon Di Desa Slangit Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon Tahun 1970 – 1990
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. Studi Ilmu Sejarah-C0512044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M. Pd.
2. Yusana Sasanti Dadtun, S. S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.