Penulis Utama : Dimas Febri Dwi Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5614016
Tahun : 2019
Judul : SURVEY PROGRAM LATIHAN BALAP SEPEDA NOMOR ROAD RACE DI CLUB ADVAN CUSTOMS CYCLING CLUB JAKARTA TAHUN 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak, KOR - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KOR, Jur. Pendidikan Kepelatihan Olagraga-K5614016-2019
Subyek : PROGRAM LATIHAN, BALAP SEPEDA NOMOR ROAD RACE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan periodesasi latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018, (2) Untuk mengetahui program latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018, (3) Untuk mengetahui model latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018, (4) Untuk mengetahui penyusunan program latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di asrama balap sepeda Club Advan Customs Cycling Club Jakarta yang dihuni oleh atlet balap sepeda Club Advan Customs Cycling Club Jakarta. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan wawancara langsung dengan pelatih, observasi langsung untuk memperoleh data yang relevan  dan dokumentasi pada saat penelitian dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Club Advan Customs Cycling Club Jakartauntuk mengumpulkan data sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil dan temuan penelitian yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data dapat disimpulkan bahwa program latihan yang disusun selama 1 tahun oleh pelatih di Club Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018  menggunakan model latihan yaitu programmacro atau program tahunan dan dan micro yaitu mingguan dan harian. Gambaran dari program macro terdapat phase atau zona latihan yang terbagi dalam 5 phase atau zona latihan yaitu: Basic endurance, strength endurance, pre competition, competition, aktif rest. Dari tiap phase tersebut terdapat komponen latihan yang terdiri dari frekuensi, intensitas, dan volume latihan. Disetiap phase terdapat 5 sasaran latihan yaitu: latihan peningkatan daya tahan, latihan peningkatan kecepatan, latihan peningktan kekuatan otot, latihan peningkatan kelentukan, latihan teknik, latihan taktik dan strategi, latihan mental.

Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan periodesasi latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018 sudah baik dan sangat rinci yang membagi programnya dalam tahap-tahap latihan sampai dengan siklus-siklus macro dan micro. (2) Program latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018 sudah jelas bahwa untuk program yang disusun oleh pelatih sekali waktu bias berubah atau tidak sesuai jadwal yang sudah direncakan karena banyak factor mempengaruhi seperti kondisi atlet menurun. (3) Model latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018 menggunakan sistem macro dan micro adapun dari sistem macro terdapat beberapatahaplatihan. (4) Penyusunan program latihan di Advan Customs Cycling Club Jakarta Tahun 2018 sudah baik memenuhi criteria standar program balap sepeda internasional yang ditulis oleh Tabotta di buku Cycling level 1 coaching manual.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Pernyataan.pdf
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Wijanarko
2. Hendrig Joko Prasetyo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan