Penulis Utama : Siti Khodijah
NIM / NIP : K8115057
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak melalui tayangan video gerak dan lagu pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Mc Taggart dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak menggunakan tayangan video gerak dan lagu, anak mampu meniru/membuat bentuk huruf b,d,p,q,l,i, membedakan bentuk huruf b dan d, p dan q, l dan i, menyebutkan bunyi huruf b,d,p,q,l,i. Data kemampuan mengenal huruf ditujukan dari hasil pratindakan diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf sebanyak 7 anak dari 17 anak atau sebesar 41%. Siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak meningkat sebesar 65% atau sebanyak dengan 11 anak Siklus II ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak juga meningkat menjadi 82% atau 14 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui tayangan video gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Video, Gerak dan lagu, Anak Kelompok A.

 

×
Penulis Utama : Siti Khodijah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115057
Tahun : 2019
Judul : Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui tayangan video gerak dan lagu (penelitian tindakan kelas pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Surakarta tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8115057-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.