Penulis Utama : Pujiyono
NIM / NIP : K6415042
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme pada Siswa SMA Islam 1 Surakarta. 2) Hambatan-hambatan faktor penghambat dan pendukung Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan nilai-nilai pancasila sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme pada siswa SMA Islam 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Kesimpulan hasil penelitian: Strategi yang dilakukan oleh guru PPKn antara lain: 1) Guru harus memahami perilaku siswa agar guru dapat mengetahui setiap perubahan perilaku siswa, baik perilaku dalam hal positif maupun negatif, sehingga guru dapat mendeteksi perilaku menyimpang pada siswa. Guru dalam mencegah radikalisme pada siswa melakukan penguatan yaitu ketika memulai pelajaran selalu bersama-sama menyanyikan lagu nasional dan membacakan sila-sila Pancasila. Guru dalam membentuk perilaku yang baik bagi siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, guru akan menjelaskan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila agar siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari radikalisme. 2) Adapun hambatan yang ditemui guru antara lain dari faktor penghambat adalah kurangnya minat belajar siswa, siswa yang ramai dikelas, kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran dikelas, dan kurangnya pemantauan guru terhadap siswa di luar sekolah. Adapun faktor pendukungnya adalah sikap saling menghargai, latar belakang pendidik yang baik, dan kesadaran siswa akan peraturan sekolah.

Kata Kunci:  Strategi, Nilai-nilai Pancasila, Radikalisme

 

×
Penulis Utama : Pujiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415042
Tahun : 2019
Judul : Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Nilai-nilai Pancasila sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme pada Siswa (Studi Di Sma Islam 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)-K6415042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd,. M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.