Penulis Utama : Basyiroh
NIM / NIP : K6413014
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruhpenerapan model pembelajaran rational building terhadap civic dispositionsiswa pada kompetensi dasar menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam berbangsa dan bernegara pada Siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Eksperimen Designt. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Surakarta, dengan jumlah murid keseluruhan 250 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji linieritas, dan uji independen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa nilai rxy adalah 0,414. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel  dengan N = 30 dan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar rtabel = 0,361, sehingga rhitung > rtabel yaitu 0,414 > 0,361 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Adapun untuk besaran sumbangan diperoleh besaran sumbangan determinan sebesar 17%. Artinya 17%civic disposition siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran rational buildingdanterdapat 83% yang dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor internal yaitu siswa lebih bersemangat dalam kegiatan diskusi pembelajaran,perhatian serta kemandirian belajar siswa, rangsangan dan pengalaman yang baik selama proses pembelajaran sedangkan faktor eksternal yaitu desain kurikulum dan aktivitas pembelajaran.  Persamaan garis regresi linier diperoleh persamaan Y ?= a + bX yaitu Y ?= 64,103 + 0,5997 X.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran rational building berpengaruh positif terhadap civic disposition siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 pada kompetensi dasar menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam berbangsa dan bernegara. Adapun besaran sumbangan pengaruh model pembelajaran rational buildingterhadap peningkatan civic disposition siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018adalah sebesar 17%.

Kata Kunci : Model pembelajaran, Model Rational Building, Civic Disposition

 

×
Penulis Utama : Basyiroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413014
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Model Rational Building Terhadap Civic Disposition Siswa pada Kompetensi Dasar Menunjukkan Sikap Keterbukaan dan Keadilan dalam Berbangsa dan Bernegara (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)-K6413014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.