Penulis Utama : Apriska Alvio Dioninasari
NIM / NIP : K4215009
×

ABSTRAK

Pembelajaran berita berbahasa Jawa yang menggunakan video dari youtube channel Jogja TV di salah satu SMP menunjukkan bahwa selama ini video berita berbahasa Jawa yang digunakan oleh guru sebagai materi ajar masih sangat terbatas. Selama ini pembelajaran pawartahanya menggunakan buku pelajaran sebagai sumber materi ajar utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif pada program berita berbahasa Jawa Pada youtube channel Jogja TV, fungsi tindak tutur direktif pada program berita berbahasa Jawa Pada youtube channel Jogja TV, relevansi dengan pembelajaran pawarta kelas VIII SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian content analysis dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah tindak tutur direktif berita berbahasa Jawa dalam youtube channel Jogja TV. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data mengarah pada tuturan yang mengandung tindak tutur direktif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, teknik rekam, dan wawancara mendalam. Validitas data pada penelitian ini diuji melalui triangulasi (sumber dan materi). Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam berita berbahasa Jawa pada youtube channel Jogja TV, meliputi: tindak tutur direktif memerintah, mengarahkan, mensyaratkan, menasihati, mengajak, dan menasihati. Tindak tutur direktif yang paling dominan adalah tindak tutur direktif mensyaratkan yaitu sebanyak 15 data atau 33%. Tindak tutur direktif yang lain seperti bertanya ditemukan sebanyak 6 data atau 13%, mengarahkan ditemukan sebanyak 14 data atau 31%, mengizinkan ditemukan sebanyak 4 data atau 9%, melarang ditemukan sebanyak 1 data atau 3%, menasihati ditemukan sebanyak 5 data atau 11 %. Fungsi tindak tutur direktif yaitu mengekspresikan sikap atau kehendak penutur kepada mitra tuturnya. Relevansi tindak tutur direktif berita berbahasa Jawa pada youtube channel Jogja TV terhadap materi pembelajaran pawartakelas VIII dapat disimpulkan bahwa tindak tutur direktif dalam program acara berita berbahasa youtube channel Jogja TV dalam pembelajaran bahasa Jawa dapat dijadikan salah satu cara untuk melatih dalam memahami wacana isi teks berita serta membantu siswa mengetahui kosa kata baru dalam bahasa Jawa.

Kata kunci: tindak tutur direktif, berita TV, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Apriska Alvio Dioninasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215009
Tahun : 2019
Judul : Analisis tindak tutur direktif berita berbahasa jawa pada Youtube channel Jogja TV serta relevansinya sebagai materi ajar pawarta kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.,
2. Rahmat, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.