Penulis Utama : Dwi Ratna Wati
NIM / NIP : K8112021
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui permainan mancala pada anak kelompok B RA Al Hidayah 1 Sari, Pringanom, Masaran tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al Hidayah 1 Sari, Pringanom, Masaran tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif  yaitu analisis data interaktif model Miles dan Hubberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  penerapan permainan mancala dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan anak kelompok B dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus metode yang digunakan kurang kreatif dan inovatif sehingga kemampuan pemahaman konsep bilangan anak rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. kemampuan pemahaman konsep bilangan anak meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan kemapuan pemahamn konsep bilangan anak meningkat sesuai target ketuntasan yang telah ditetapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan mancala dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B RA Al Hidayah 1 Sari, Pringanom, Masaran tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan pemahaman konsep bilangan anak pada setiap siklusnya. Pada tahap pratindakan diperoleh ketuntasan 25% atau 5 anak. Pada siklus I kemampuan membilang anak mengalami peningkatan sebesar 45% atau 9 anak. Dan pada siklus II kemampuan membilang anak meningkat sebesar 80%.

×
Penulis Utama : Dwi Ratna Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112021
Tahun : 2019
Judul : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MANCALA PADA ANAK KELOMPOK B RA AL HIDAYAH 1 SARI, PRINGANOM, MASARAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8112021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Wahyuningsih
2. Ruli Hafidah
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.