Penulis Utama : Ian Rochmad D
NIM / NIP : I0115055
×

Dalam sistem transportasi nasional, jalan mempunyai peranan penting dalam lingkungan masyarakat, ekonomi, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan, dll. Jalan sebagai prasarana transportasi darat harus mampu memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga dapat dipergunakan untuk mendukung seluruh aktivitas darat. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada Jalan Jendral Ahmad Yani Slawi. Jalan ini merupakan jalan nasional yang menghubungkan kota Tegal dan Slawi. Padatnya lalu lintas dan banyaknya kendaraan berat yang melintas pada ruas jalan ini menjadi salah satu penyebab kemungkinan terjadinya kerusakan pada jalan tersebut.Untuk menjaga kenyamanan dalam penggunaan   jalan tersebut maka diperlukan adanya perawatan dan perbaikan pada Jalan Jendral Ahmad Yani Slawi salah satunya dengan cara pelapisan ulang tambah (overlay). Dalam penelitian ini untuk mengetahui ketebalan overlay yang diperlukan maka peneliti menggunakan MDP 2017 dan program Shell Pavement Design Method (SPDM).

Analisis tebal lapis tambah pada ruas Jalan Jendral Ahmad Yani Slawi menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 (MDP 2017) , dengan data yang diperoleh dari lapangan yaitu data Lalu lintas Harian Rata-rata dan data lendutan yang diuji menggunakan alat Falling weight Deflectormeter (FWD), lalu  mengolah data, sedangkan analisis dengan menggunakan Program Shell Pavement Design Method (SPDM) yang dibutuhkan  adalah  input  data  nilai  ESA  5,  pertumbuhan  lalu  lintas,  umur  rencana, modulus elastisitas, poisson rasio, dan tebal sturuktur existing kemudian setelah di input didapat tebal lapis tambah pada ruas jalan yang direncanakan.

Hasil perbandingan ketebalan overlay yang di dapat dari MDP 2017 dan program SPDM adalah 65 mm dan 62 mm, perbedaan ini tidak terlalu jauh dan perbedaan ini terjadi karena tinjauan niai eksisting MDP 2017 hanya melihat pada lapisan atasnya saja sedangkan pada SPDM ketebalan sub basenya juga ikut di perhitungkan.

×
Penulis Utama : Ian Rochmad D
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115055
Tahun : 2019
Judul : ANALISIS DESAIN OVERLAY PADA JALAN NASIONAL BERDASARKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN TAHUN 2017 DAN PROGRAM SPDM (Studi Kasus :Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani Slawi, Tegal, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik, Jur. Teknik Sipil-I0115055-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ary Setyawan
2. Djumari
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.