Penulis Utama : Alyu Mardiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A.121508005
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Shooting Bolabasket (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Ponorogo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan- A.121508005 -2019
Subyek : SHOOTING BOLABASKET, MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Memudahkan dan memperjelas materi latihan teknik dasar bolabasket dengan media video tutorial.2) Mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi shooting bolabasket untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar bolabasket siswa.
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and  Development) atau R&D dengn jenis desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design untuk satu kelompok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model desain pengembangan prosedural. Penelitian ini menghasilkan produk dalam bentuk video tutorial DVD untuk mempelajari teknik-teknik menembak dasar dalam permainan basket.
(1) Langkah-langkah untuk mengembangkan video tutorial adalah: 1) Penelitian dan Pengumpulan Data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Konsep Produk, 4) Uji Coba Lapangan Awal, 5) revisi, 6) Uji Coba Lapangan Kecil, 7) Penyebaran dan Implementasi. (2) Hasil penelitian menurut ahli materi secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 4.46 (?4) atau sebesar 89,2% yang berarti materi dikategorikan valid. Secara keseluruhan penilaian media mempunyai rata-rata sebesar 4.79 atau sebesar 96% sehingga media dikategorikan valid (bisa digunakan). Jika dibandingkan baik uji coba kelompok  kecil maupun uji coba kelompok luas rata-rata yang diperoleh hampir sama yakni 4.51 (uji coba kecil) dan 4.38 (uji coba luas) hal ini berarti keduanya stabil/ konsisten menggambarkan bentuk uji coba. Dengan hasil di atas, maka video tutorial yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan dalam kategori valid. Dari hasil uji keterampilan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup besar antara pre test dan post test. Yakni nilai pretes lay up memiliki rata-rata 73.04 sedangkan postes memiliki rata-rata sebesar 79.04. Hal ini berarti hasil belajar lay up meningkat secara signifikan dari 73.04 menjadi 79.04. nilai pretes jump shoot memiliki rata-rata 73.2 sedangkan postes memiliki rata-rata sebesar 78.6. Hal ini berarti hasil belajar jump shoot meningkat secara signifikan dari 73.2 menjadi 78.6. nilai pretes free throw memiliki rata-rata 72.9, sedangkan postes memiliki rata-rata sebesar 78.1. Hal ini berarti hasil belajar free throw meningkat secara signifikan dari 72.9 menjadi 78.1
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk media pembelajaran berbasis video tutoria teknik dasar shooting bola basket yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar shooting bola basket di MAN 1 Ponorogo pada siswa kelas XI IPS 1.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN SAMPUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr. ,SU ,AIFO ,MARS
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana