Penulis Utama : Novita Putri Utami
NIM / NIP : I0115076
×

Keterlambatan merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi dalam dunia konstruksi. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab terlambatnya proyek konstruksi, salah satunya adalah tenaga kerja. Rantai pasok tenaga kerja menjadi upaya untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rantai pasok tenaga kerja, permasalahan yang terjadi, serta faktor yang menjadi pertimbangan dalam perekrutan tenaga kerja.

Penelitian dilakukan pada 11 proyek konstruksi gedung di wilayah Surakarta. Penelitian dilakukan dengan cara pengisian kuesioner kepada 38 responden serta wawancara kepada pihak proyek. Dari hasil pengumpulan kuesioner dilakukan analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan variabel yang mempunyai pengaruh dalam rantai pasok tenaga kerja adalah usia, jenis kelamin, keahlian, kepemilikan sertifikat, pengalaman kerja, produktivitas dan jumlah kebutuhan. Dari ketujuh variabel tersebut, variabel keahlian menjadi variabel yang paling dominan, sehingga dalam proses rantai pasok tenaga kerja variabel keahlian perlu lebih diperhatikan.

×
Penulis Utama : Novita Putri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115076
Tahun : 2019
Judul : ANALISIS RANTAI PASOK TENAGA KERJA PADA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI WILAYAH SURAKARTA DENGAN ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik, Jur. Teknik Sipil-I0115076-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono
2. Sugiyarto
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.