Penulis Utama : Viona Ade Zarahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813172
Tahun : 2019
Judul : Analisis Usahatani Padi Sawah Di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. Studi Agribisnis-H0813172-2019
Subyek : SAWAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis usahatani padi sawah yang ada di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Indonesia terkenal memiliki lahan pertanian dan iklim yang potensial untuk mengembangkan usaha pertanian. Banyak penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor pertanian. Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Permintaan akan beras akan semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, padi sawah cocok untuk diusahakan.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Teknik pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian adalah teknik survey. Metode pengambilan daerah sampel dilakukan dengan metode purposive, yaitu penentuan lokasi pengambilan daerah sampel diamabil secara sengaja berdasarakan pertimbangan-pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan di Desa Gunungan, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan pencatatan.
Biaya usahatani dengan rata-rata luas lahan sebesar 0,90 hektar adalah         Rp 11.312.100,00, dengan rata-rata biaya variabel sebesar Rp 5.317.000,00 dan rata-rata biaya tetap sebesar Rp 5.995.100,00. Rata-rata penerimaan usahatani adalah sebesar Rp 24.118.000,00. Rata-rata pendapatan usahatani adalah Rp12.805.900,00.
Analisis BEP dan R/C Ratio menunjukkan bahwa usahatani yang dilakukan menguntungkan bagi petani yang ada di Desa Gunungan, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Dengan angka R/C ratio sebesar 2,13.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Viona.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
2. Dr.Agr.Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M.Ec.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian