Penulis Utama : Mega Ayu Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815073
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Word Of Mouth Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gethuk
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. Studi Agribisnis-H0815073-2019
Subyek : WORD OF MOUTH, GETHUK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pembangunan pertanian tidak terlepas dari adanya sub sektor agroindustri. Produk yang meraih peluang besar dalam pertumbuhan agroindustri adalah industri makanan dan minuman. Salah satunya adalah agroindustri makanan yang berbahan dasar singkong yang dibuat menjadi gethuk. Banyaknya produsen gethuk membuat produsen akan melakukan inovasi dan strategi pemasaran produk gethuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh word of mouth, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar)
Metode dasar penelitian adalah deskriptif dan survei. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini secara purposive (disengaja) dengan beberapa pertimbangan. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis quota sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria pernah membeli Gethuk Semar setidaknya satu kali. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan google forms dan offline bertempat di outlet Rumah Produksi Gethuk Semar. Pengujian instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis data dengan metode Structural Equation Modelling (pengujian model pengukuran, pengujian model struktural dan uji hipotesis) dengan alat analisis Partial Least Square menggunakan software SmartPLS 3.0
Hasil penelitian ini menunjukkan asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar). Persepsi kualitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar). Word of mouth dan kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar). Variabel yang berpengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar) adalah loyalitas merek dengan nilai t-statistics sebesar 26,212. Hal ini berarti loyalitas merek merupakan faktor yang paling mendorong serta mempengaruhi keputusan pembelian gethuk (studi kasus Gethuk Semar). Saran dari penelitian ini yaitu : (1) Gethuk Semar dapat meningkatkan kredibilitas dengan terus mempertahankan cita rasa yang khas dari produk gethuk yang dijual, (2) Gethuk Semar dapat berinovasi dengan melakukan pengenalan produk kepada konsumen melalui media online, (3) Gethuk Semar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan pelayanan yang ramah dan sopan kepada konsumen serta mengadakan promo atau diskon pada waktu tertentu.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Mega.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono M.Si.
2. Nuning Setyowati, S.P., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian