Penulis Utama : Naufal Hanif Saifuddin
NIM / NIP : C1013038
×

Objek penelitian ini adalah karya sastra yang berjudul Kecemasan Batin Raja Iskandar Al-Akbar karya: Musthafa Machmud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk Kecemasan Batin yang dilakukan tokoh utama dalam menghadapi konflik yang terjadi dari dirinya sendiri. Metode penelitian yang dimanfaatkan adalah metode kualitatif, yang disajikan secara deskriptif analitik, yakni menguraikan data- data dan mendeskripsikan unsur-unsur yang mengandung aspek kepribadian sehingga diperoleh suatu pemahaman yang lebih komprehensif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat tiga bentuk kecemasan yang dialami oleh tokoh utama, yaitu Kecemasan Objektif atau Realistis (Objective or Realistic Anxiety), Kecemasan Neurotis (neurotic anxiety), Kecemasan Moral (moral anxiety). Dampak Kecemasan Batin terhadap kepribadian tokoh utama tidak hanya berdampak negatif terhadap dirinya tetapi juga berdampak negatif terhadap orang di sekitarnya. Dampak negatif dalam dirinya adalah menimbulkan banyak sifat buruk seperti Pengecut, Pembohong, Penakut. Sedangkan dampak negatif terhadap orang lain adalah berkurangnya kepercayaan juga kewibawaan yang sudah dibangun.

Kata kunci: Kecemasan, Iskandar Al-Akbar, Psikologi Sastra, Musthafa Machmud

×
Penulis Utama : Naufal Hanif Saifuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013038
Tahun : 2019
Judul : Kecemasan Batin Raja Iskandar dalam Naskah Drama Iskandar Al-Akbar Karya Musthafa Machmud (Analisis Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya- Prodi Sastra Arab- C1013038- 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afnan Arummi, S.H.I, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.